MAHMUDAH , MAHMUDAH (2011) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI POKOK MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 12 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UMS.
|
PDF
02._Halaman_Depan.pdf Download (306kB) |
|
|
PDF
03._BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
|
PDF
09._Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA. Biologi ) yang selama ini berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih banyak berfokus kepada guru sebagai sumber utama pengetahuan. Hal ini merupakan salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang adanya dalam melibatkan dan mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan melalui strategi Problem Based Learning pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 12 Surakarta, dengan objek siswa kelas VIII B. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah pembelajaran Problem Based Learning pada pokok materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. Proses penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif produk, penilaian kognitif proses, nilai perilaku afektif, dan penilaian psikomotorik siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif produk = 68,21 atau meningkat dan pada nilai awal kognitif produk 49,25; ranah kognitif proses = 17,78 (baik); ranah perilaku afektif = 20,03 (baik); dan ranah psikomotorik = 7,82 (sangat berminat). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif produk = 79,10 (berhasil) ; ranah kognitif proses = 20,32 (sangat baik) ; ranah perilaku afektif = 20,85(sangat baik) atau meningkat 2,92 dari siklus I; ranah psikomotorik = 8,28 (sangat berminat) atau meningkat sebesar 0,08 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar IPA Biologi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi problem based learning, pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QK Botany |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 30 Nov 2011 12:48 |
Last Modified: | 30 Nov 2011 20:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15729 |
Actions (login required)
View Item |