PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATISTIK MAHASISWA FKIP UMS PENDIDIKAN AKUNTANSI TAHUN AKADEMIK 2009/2010

ISTIANAWATI, RIA (2011) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR STATISTIK MAHASISWA FKIP UMS PENDIDIKAN AKUNTANSI TAHUN AKADEMIK 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar statistik mahasiswa FKIP UMS pendidikan akuntansi tahun akademik 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif berbentuk hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Progam studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2009/2010 yang berjumlah 209 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 131 mahasiswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif serta sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 43.313 + 0.112X1 +0.122X2, artinya prestasi belajar Statistik dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Statistik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa variabel untuk variabel kemandirian belajar memiliki nilai probabilitas sebesar 0,006 sehingga (p) < 0,05 atau 0,006 < 0,05. (2) Keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar Statistik. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan uji t menunjukkan bahwa variabel untuk variabel Keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran memiliki nilai probabilitas sebesar 0.025 sehingga (p) < 0,05 atau 0.025 < 0,05 (3) Kemandirian belajar dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar statistik mahasiswa FKIP UMS pendidikan akuntansi tahun akademik 2009/2010. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5%(0,05). (4) Hasil perhitungan sumbangan efektif untuk variabel kemandirian belajar terhadap prestasi belajar Statistik sebesar 7,24 dan variabel keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar Statistik sebesar 17,76. (5) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,25, berarti 25,0% prestasi belajar Statistik dipengaruhi oleh variabel Kemandirian belajar dan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, sisanya sebesar 75,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti, misalnya faktor psikologi, intelegensi mahasiswa, lingkungan keluarga dan lingkungan pergaulan, dan lain sebagainya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran dan prestasi belajar Statistik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Nov 2011 05:38
Last Modified: 16 Nov 2011 05:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15458

Actions (login required)

View Item View Item