ANALISIS KINERJA APOTEKER TERHADAP WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT JADI DAN OBAT RACIKAN PASIEN JAMKESMAS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO PERIODE MARET-MEI 2011

SURATININGSIH, FENNY (2011) ANALISIS KINERJA APOTEKER TERHADAP WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT JADI DAN OBAT RACIKAN PASIEN JAMKESMAS RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SUKOHARJO PERIODE MARET-MEI 2011. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)

Abstract

Rumah sakit merupakan rujukan pelayanan kesehatan untuk pusat kesehatan masyarakat, dalam upaya penyembuhan dan pemulihan. Pelayanan kesehatan yang bermutu dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan termasuk bagi masyarakat yang menggunakan jenis pelayanan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Tujuan penelitian ini mengetahui kinerja Apoteker terhadap waktu tunggu pelayanan obat jadi dan obat racikan pasien Jamkesmas rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo Periode Maret- Mei 2011. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan Jamkesmas yang mengambil obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sukoharjo sebanyak 366 sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Data dalam satu bulan penelitian diperoleh 183 lembar obat jadi dan 183 lembar resep obat racikan. Hasil penelitian waktu tunggu pelayanan obat jadi yang kurang dari 30 menit dan obat racikan yang kurang dari 60 menit menunjukkan bahwa kinerja apoteker terhadap waktu tunggu pelayanan obat jadi dan obat racikan pasien Jamkesmas di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo sudah sesuai dengan SK Menteri Kesehatan RI No: 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pasien rawat jalan, Jamkesmas, Kecepatan pelayanan, waktu tunggu. xiii
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 05 Oct 2011 09:45
Last Modified: 05 Oct 2011 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14956

Actions (login required)

View Item View Item