Nafi‟ah,, Siti (2011) PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (203kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (188kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi pokok fotosintesis dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) . Hal ini dapat dilihat dari aspek minat belajar siswa pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal, siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi sebesar 5,12%, kemudian meningkat menjadi 35,89% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 56,41%. Dilihat dari aspek afektif, pada siklus I dengan afektif sangat tinggi sebesar 35,89%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 56,41%. Hasil belajar pada aspek kognitif pada siklus I sebesar 56,41% yang kemudian meningkat menjadi 74,35% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar pada materi fotosintesis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD, media charta, minat belajar, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Aug 2011 06:00 |
Last Modified: | 10 Aug 2011 06:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13981 |
Actions (login required)
View Item |