PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Nafi‟ah,, Siti (2011) PENERAPAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA CHARTA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi pokok fotosintesis dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan siklus diawali tahap persiapan dan tahap pelaksanaan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD) . Hal ini dapat dilihat dari aspek minat belajar siswa pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Pada kondisi awal, siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi sebesar 5,12%, kemudian meningkat menjadi 35,89% pada siklus I dan pada siklus II sebesar 56,41%. Dilihat dari aspek afektif, pada siklus I dengan afektif sangat tinggi sebesar 35,89%, kemudian meningkat pada siklus II sebesar 56,41%. Hasil belajar pada aspek kognitif pada siklus I sebesar 56,41% yang kemudian meningkat menjadi 74,35% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar pada materi fotosintesis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STAD, media charta, minat belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Aug 2011 06:00
Last Modified: 10 Aug 2011 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13981

Actions (login required)

View Item View Item