PELATIHAN “BARRU” UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 3

Pratama, S.Psi, Nindya Chandra (2011) PELATIHAN “BARRU” UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 3. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun suatu pelatihan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak sekolah dasar kelas 3. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas 3 SD A. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen randomized matched twogroup design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kecerdasan visual spasial. Berdasarkan analisa performance disimpulkan secara keseluruhan jumlah peserta yang memperhatikan dan menyimak penjelasan fasilitator sebesar 83,8 % ; menjawab pertanyaan fasilitator dengan baik sebanyak 83 % ; aktif mengikuti diskusi sebanyak 83,8 % ; mengerjakan tugas dari fasilitator sebanyak 99,8 %. Berdasarkan analisa tersebut maka dapat disimpulkan bahwa peserta dapat mengikuti Pelatihan “Barru” ini dengan aktif dan partisipatif. Berdasarkan hasil analisis statistik maka dapat disimpulkan bahwa rerata untuk hasil pre-test untuk kelompok eksperimen adalah 12.66 berada pada norma kategorisasi agak tinggi sedangkan rerata untuk hasil post-test adalah 14.83 berada pada norma kategorisasi tinggi dan untuk hasil amatan ulangan adalah 15.16. Rerata untuk kelompok kontrol untuk hasil pre-test yaitu 12.66 berada pada norma kategorisasi agak tinggi sedangkan untuk hasil post-test adalah 12.83 yang masih berada pada norma kategorisasi agak tinggi. Berdasarkan hasil analisa uji beda Wilcoxon menunjukan bahwa setelah mendapatkan perlakuan, kelompok eksperimen mengalami perubahan kenaikan skor kecerdasan visual spasial yang signifikan dengan nilai p<0,050 sedangkan setelah 2 minggu dilakukan amatan ulangan skor kecerdasan visual spasial siswa mengalami kenaikan tetapi tidak signifikan dengan nilai p>0,050. Berdasarkan hasil analisa uji beda Wilcoxon diketahui bahwa skor kecerdasan visual spasial siswa pada kelompok kontrol saat post test juga mengalami kenaikan tetapi tidak signifikan dengan nilai p>0,050. Berdasarkan hasil analisa Mann-Whitney U-test dengan menggunakan angka kasar sebagai datanya juga menunjukan perbedaan skor post-test yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan p<0,050. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pelatihan “Barru” dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial siswa dengan signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan visual spasial, pelatihan “Barru”.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Jul 2011 09:01
Last Modified: 19 Jul 2011 09:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13447

Actions (login required)

View Item View Item