PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

PRATIWI, SEPTIANA DYAH (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) kualitas proses dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash, 2) hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta pada pokok bahasan Sistem Pernapasan Manusia Tahun Ajaran 2010/2011 dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tindakan kelas adalah : 1) Peningkatan kualitas proses dalam keterlibatan siswa pada siklus II mencapai 74,51% dan suasana kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung mencapai 89,22%, 2) Peningkatan hasil belajar siswa, banyaknya siswa yang memperoleh nilai  61 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (23,53%), dan mencapai 30 siswa (88,23%) pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa: Penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dengan macromedia flash dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2010/2011.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A420/2011-34
Uncontrolled Keywords: kualitas proses, hasil belajar, everyone is a teacher here, macromedia flash
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:43
Last Modified: 31 Oct 2011 05:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/13047

Actions (login required)

View Item View Item