Qothrunnada, Yumna Adiyudho and , Dr. Lisnawati Ruhaena, M.Si., Psikolog (2024) Pengembangan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Yumna (2).pdf Download (486kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan (1).pdf Download (731kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB 1, 2 .pdf Download (297kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB 3 .pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (239kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi_Yumna Adiyudho Q_F100190093.pdf Restricted to Repository staff only until 19 November 2024. Download (367kB) |
Abstract
Pengembangan karakter di Indonesia telah di nilai meningkat dengan adanya beberapa komunitas ataupun gerakan yang menjalankan adanya pengembangan karakter terkhusus bagi anak sekolah dasar. Salah satu komunitas yang mencoba untuk dapat mengembangkan karakter yang baik kepada anak yaitu gerakan sekolah menyenangkan. Gerakan sekolah menyenangkan ini merupakan gerakan akar rumput yang selalu mengupayakan pendidikan di Indonesia yang lebih baik, menyenangkan, dan lebih memanusiakan dengan adanya berbagai kegiatan untuk mendukung pengembangan karakter pada anak usia sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan karakter anak usia sekolah dasar melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan. Subjek berjumlah 8 orang dengan menggunakan purposive sampling. Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui angket terbuka dan observasi. Analisis data dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan dapat menyebabkan perubahan karakter positif pada siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter tersebut antara lain dukungan dari warga sekolah, motivasi yang tinggi untuk mengembangkan karakter dari siswa dan guru. Selain itu memiliki kendala berupa keengganan guru untuk berubah, keterbatasan dana yang dapat menghambat keberhasilan penerapan GSM di sekolah. Efektivitas Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam pengembangan karakter siswa dapat terlihat dari siswa yang menunjukkan karakter positif. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengembangkan karakter anak sekolah dasar melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan. Kata kunci: Pengembangan karakter, Anak sekolah dasar, Gerakan Sekolah Menyenangkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan karakter, Anak sekolah Dasar, Gerakan sekolah menyenangkan |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BB Psychology B Philosophy (General); Religion > BB Psychology > BB4 Educational Psychology E Education > Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | YAQ Yumna Adiyudho Qothrunnada |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 03:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 03:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/128824 |
Actions (login required)
View Item |