Pengembangan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan

Qothrunnada, Yumna Adiyudho and , Dr. Lisnawati Ruhaena, M.Si., Psikolog (2024) Pengembangan Karakter Anak Sekolah Dasar Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi Yumna (2).pdf

Download (486kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan (1).pdf

Download (731kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1, 2 .pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi_Yumna Adiyudho Q_F100190093.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 November 2024.

Download (367kB)

Abstract

Pengembangan karakter di Indonesia telah di nilai meningkat dengan adanya beberapa komunitas ataupun gerakan yang menjalankan adanya pengembangan karakter terkhusus bagi anak sekolah dasar. Salah satu komunitas yang mencoba untuk dapat mengembangkan karakter yang baik kepada anak yaitu gerakan sekolah menyenangkan. Gerakan sekolah menyenangkan ini merupakan gerakan akar rumput yang selalu mengupayakan pendidikan di Indonesia yang lebih baik, menyenangkan, dan lebih memanusiakan dengan adanya berbagai kegiatan untuk mendukung pengembangan karakter pada anak usia sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan karakter anak usia sekolah dasar melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan. Subjek berjumlah 8 orang dengan menggunakan purposive sampling. Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data melalui angket terbuka dan observasi. Analisis data dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan karakter melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan dapat menyebabkan perubahan karakter positif pada siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter tersebut antara lain dukungan dari warga sekolah, motivasi yang tinggi untuk mengembangkan karakter dari siswa dan guru. Selain itu memiliki kendala berupa keengganan guru untuk berubah, keterbatasan dana yang dapat menghambat keberhasilan penerapan GSM di sekolah. Efektivitas Gerakan Sekolah Menyenangkan dalam pengembangan karakter siswa dapat terlihat dari siswa yang menunjukkan karakter positif. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengembangkan karakter anak sekolah dasar melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan. Kata kunci: Pengembangan karakter, Anak sekolah dasar, Gerakan Sekolah Menyenangkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan karakter, Anak sekolah Dasar, Gerakan sekolah menyenangkan
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BB Psychology
B Philosophy (General); Religion > BB Psychology > BB4 Educational Psychology
E Education > Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: YAQ Yumna Adiyudho Qothrunnada
Date Deposited: 20 Nov 2024 03:48
Last Modified: 20 Nov 2024 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/128824

Actions (login required)

View Item View Item