Noviana, Dwi and , Dr. Wiwien Dinar Pratisti, M.Si., Psikolog (2024) Interaksi Sosial Anak Usia Dini di Era New Normal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (384kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab I.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (68kB) |
|
PDF (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
PDF (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (707kB) |
Abstract
Interaksi sosial anak usia dini merupakan pergaulan antara sesama anak usia dini, anak usia dini dengan orangtua atau keluarga atau orang lainnya. Interaksi sosial pada anak usia dini merupakan dasar untuk menjalin relasi dengan orang lain pada tahap perkembangan selanjutnya. Sementara interaksi sosial juga dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain suasana dan situasi maupun interaksi yang terjadi dalam keluarga. Dampaknya adalah konsep interaksi sosial juga bisa berubah sesuai situasi. Dengan demikian, belum diketahui bagaimana interaksi sosial anak usia dini di era new normal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan interaksi sosial anak usia dini di era new normal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis tematik dan pelaporan secara deskriptif naratif. Lokasi penelitian di daerah Boyolali. Informan penelitian merupakan pasangan ibu dan anak usia dini dengan usia anak sekitar 5-6 tahun. Data dikumpulkan dengan metode wawancara semi terstruktur dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi didapatkan bahwa interaksi sosial anak usia dini terjadi karena adanya kontak sosial dan komunikasi. Dapat disimpulkan bahwa interaksi anak usia dini di era new normal tidak terkendala, meskipun saat new normal, anak usia dini sudah menggunakan handphone di berbagai situasi. Kondisi ini terjadi karena peran keterlibatan orangtua, keluarga, teman sebaya dan guru berjalan seperti biasa. Interaksi anak usia dini ditandai oleh peran orang tua dan keluarga yang memberikan anak pendampingan saat belajar, saat anak makan dan mandi serta mengajarkan berperilaku sopan. Peran teman sebaya bermain dan belajar bersama, serta peran guru di sekolah yang memberikan pendampingan kepada anak dan selalu berusaha berkomunikasi dengan anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak usia dini, Era new normal, Interaksi sosial |
Subjects: | B Philosophy (General); Religion > BB Psychology B Philosophy (General); Religion > BB Psychology > BB1 Social Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | DWI NOVIANA |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 08:00 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 08:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/127455 |
Actions (login required)
View Item |