ANALISIS ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL GRAND ORCHID DI SURAKARTA

Wardhana, Ghilar Adhitya (2011) ANALISIS ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL GRAND ORCHID DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Ghilar_Adhitya_Cover.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Ghilar_Adhitya_Pernyatan-_Daftar_Gambar.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Ghilar_Adhitya_Bab_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
Ghilar_Adhitya_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
Ghilar_Adhitya_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab IV)
Ghilar_Adhitya_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
Ghilar_Adhitya_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Ghilar_Adhitya_Daptar_Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
Ghilar_Adhitya_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari penerapan Sistem Informasi Manajemen dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Hotel Grand Orchid di Surakarta. Dalam penelitian ini digunakan tiga macam variabel independen yaitu kecepatan, ketepatan dan akurasi. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk mengidentifikasi masalah, penelitian ini mengambil tempat di Hotel Grand Orchid Surakarta sebagai obyek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua seluruh konsumen yang pernah menginap lebih dari satu kali di Hotel Grand Orchid. Sebanyak 100 orang diambil sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Quota Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi.. Cara pengumpulan data dengan menggunakan data primer yaitu hasil penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden dan data sekunder yang mendukung penelitian. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 17 untuk kuesioner variabel independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa tiga variabel independen peningkatan kualitas pelayanan (kecepatan, ketepatan dan akurasi) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen). Kondisi ini dapat ditunjukan dengan nilai uji t dan uji F yang semuanya bernilai signifikan dan positif. Sedangkan uji Adjusted R2 menunjukan 53,3% artinya variabel kualitas pelayanan yang meliputi kecepatan, ketepatan, akurasi memberi sumbangan terhadap peningkatan maupun penurunan kepuasan konsumen sebesar 53,3%, oleh karena itu Hotel Grand Orchid Solo disarankan lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap tamu hotel agar konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel kepada tamu yang menginap. Bagi peneliti berikutnya diharapkan untuk menambah jumlah perusahaaan, dan memperbanyak jumlah responden agar mendapatkan hasil yang lebih baik untuk membuktikan hipotesis dalam skripsi ini serta disarankan mendampingi responden saat menjawab kuesioner agar responden memberikan jawaban sesuai keinginan responden.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sistem informasi manajemen, kualitas pelayanan, kecepatan, ketepatan akurasi , kepuasan konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 May 2011 05:36
Last Modified: 26 May 2011 05:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item