PURWANTI , ERNI (2011) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (PTK Kelas VIII Semester Ganjil SMP N 2 Colomadu Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2)_Halaman_Depan.pdf Download (248kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3)_Bab_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
4)_Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
||
PDF (Bab III)
5)_Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab IV)
6)_Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab V)
7)_Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8)_Daftar_Pustaka.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
9)_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi Scramble. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N 2 Colomadu, yang berjumlah 33 siswa. Obyek penelitian adalah keaktifan belajar siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur dan keabsahan data. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar yang meliputi: 1) menjawab pertanyaan guru sebelum tindakan 6,1%, putaran I 15,2%, putaran II 39,4% dan di akhir tindakan 48,5%, 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 6,1%, putaran I 12,1%, putaran II 30,3 % dan di akhir tindakan 51,5%, 3) mengemukakan ide sebelum tindakan 6,1%, putaran I 9,1 %, putaran II 15,2 % dan di akhir tindakan 27,3%, 4) kerjasama kelompok saat diskusi sebelum tindakan 24,2%, putaran I 30,3%, putaran II 45,5% dan di akhir tindakan 66,7%, 5) mempresentasikan hasil diskusi sebelum tindakan 6,1 %, putaran I 15,2%, putaran II 39,4% dan di akhir tindakan 57,6%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Scramble dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | RAK A410/2011-008 |
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, strategi scramble. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2011 10:08 |
Last Modified: | 28 Apr 2011 03:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11756 |
Actions (login required)
View Item |