NOVIANTI , DIRASTI (2011) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKING DAN SCRAMBEL (PTK di Kelas VII Semester II SMP N 2 Paron Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00.pdf Download (245kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Bab II)
02.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab III)
03.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab IV)
04.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Lampiran)
07.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF
05.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab V)
05.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble pada pokok bahasan bangun datar segi empat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Paron yang berjumlah 36 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review guru. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat melalui metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble. Hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa yang menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 27,78%, dan di akhir tindakan mencapai 66,67%, 2) siswa yang mau menyampaikan kembali materi yang telah disampaikan guru sebelum tindakan sebesar 25%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%, 3) siswa yang mau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 22,22%, dan di akhir tindakan mencapai 61,11%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking dan Scramble dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar segi empat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Note Taking, Scramble, motivasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 09:32 |
Last Modified: | 19 Apr 2011 09:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11660 |
Actions (login required)
View Item |