PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011

MULIANINGSIH, RIANA (2011) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT BERVARIASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKn MATERI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (251kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 melalui penerapan strategi Card Sort bervariasi. subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri yang berjumlah 32 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknih pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa tentang tindakan yang diterapkan, yang kedua triangulasi teknik atau metode pengumpulan data dari hasil observasi maupun wawancara. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus. Diharapkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka mengalami peningkatan sebesar 80% dari 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka di kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas yaitu siswa yang aktif bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan sebanyak 11 (34,37%) siswa. Setelah dilakukan tindakan yang disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi pada proses pembelajaran PKn materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka diperoleh hasil yaitu siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 16 (50%) siswa, siklus II meningkat menjadi 27 (84,37) siswa. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator pencapaian. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Diduga dengan menerapkan strategi Card Sort bervariasi dapat meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn Materi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 3.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: RAK A220/2011-009
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Card Sort Bervariasi, Keaktifan Siswa, Pancasila sebagai Ideologi Terbuka.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Apr 2011 05:31
Last Modified: 18 Apr 2011 07:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item