PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA

NURROCHMI, DYAH DWI (2007) PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (full texs)
Diah_Skripsi_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (bab.1)
bab.1.pdf

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (daft.pustaka)
daft.pustaka.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (hal.depan)
hal.depan.pdf

Download (63kB)

Abstract

Advertensi merupakan solusi dalam penyediaan informasi jasa akuntan publik bagi masyarakat, khususnya bagi kantor akuntan publik advertensi merupakan media yang efektif dalam menyediakan informasi bagi calon klien mengenai jasa yang tersedia. Namun demikian, akuntan publik dihadapkan pada pilihan apakah mereka harus beriklan atau tidak, informasi apa yang seharusnya dimuat jika mereka beriklan, dan media apa yang sebaiknya digunakan. Hal ini mengingat bahwa selama ini periklanan bagi para profesi akuntan dilarang, sehingga dengan munculnya fenomena baru ini akan sangat diperhatikan oleh konsumen. Apakah konsumen akan beranggapan bahwa periklanan oleh akuntan publik tidak etis dan harus dihindari ataukah sebaliknya. Penelitian ini untuk mengetahui persepsi akuntan publik terhadap advertensi jasa KAP dan persepsi pemakai informasi akuntansi terhadap advertensi jasa KAP. Penelitian ini merupakan studi empiris dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh akuntan publik dan pemakai jasa informasi akuntansi di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 37 orang responden, terdiri dari 12 akuntan publik dan 25 pemakai informasi akuntansi. Pengambilan sampel berdasarkan teknik convenience sampling untuk pemakai informasi akuntansi dan sampling jenuh untuk sampel akuntan publik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan uji beda mean (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Akuntan publik memiliki persepsi yang positif terhadap advertensi jasa KAP (50%). Hal ini berarti akuntan publik berpendapat bahwa advertensi jasa KAP sangat diperlukan untuk menyediakan informasi bagi calon klien mengenai jasa yang tersedia. (2) Pemakai informasi akuntansi memiliki persepsi yang negatif terhadap advertensi KAP (60%). Hal ini berarti pemakai informasi akuntansi berpendapat bahwa advertensi jasa KAP tidak mutlak diperlukan. Dari hasil uji proporsi, terlihat bahwa perbedaan persepsi tersebut khususnya terletak pada aspek materi advertensi dan media advertensi yang digunakan. (3) Terdapat perbedaan persepsi antara akuntan publik dan pemakai informasi kuntansi terhadap advertensi jasa KAP. Hasil analisis dengan independen sample t test memperoleh nilai thitung sebesar 9,168 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akuntan publik, pemakai informasi akuntansi, advertensi jasa KAP
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 04 Apr 2011 09:32
Last Modified: 04 Apr 2011 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item View Item