Bayu Prastowo, Agung and -, Drs. Agus Wijayanto, M.A., Ph.D. (2023) A case study: Gender difference in vocabulary learning strategy used by the ninth grade students of SMP Negeri 4 Tengaran Kabupaten Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (612kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
FRONT PAGE.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
CHAPTER I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
CHAPTER II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
CHAPTER III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
CHAPTER IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
CHAPTER V.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY.pdf Download (177kB) |
|
PDF (Lampiran)
APPENDIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran kosakata (VLS) yang digunakan oleh siswa laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 4 Tengaran Kabupaten Semarang. Pengumpulan data menggunakan taksonomi Schmitt berupa kuesioner terbuka, wawancara dan observasi. Kuesioner terdiri dari 31 pernyataan yang diberikan kepada 32 siswa kelas sembilan. Wawancara dan observasi yang melibatkan 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan juga dilakukan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari para partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, siswa menerapkan strategi memori, strategi kognitif, strategi meta-kognitif, strategi determinasi, strategi sosial pembelajaran kosa kata tetapi kedua gender menggunakan strategi yang berbeda. Aktivitas gabungan dalam pembelajaran kosa kata adalah yang paling nyaman bagi mereka. Peran guru dan guru ekstrakurikuler cenderung mempengaruhi siswa dalam mempelajari kosa kata. Kedua, lingkungan pembelajaran bahasa, guru, guru ekstrakurikuler dan program di sekolah memiliki pengaruh terbesar terhadap pembelajaran kosa kata.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Kosakata, Gender, Fakto |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. Middle Schools L Education > LC Special aspects of education > LC5102 English Language Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | AGUNG BAYU PRASTOWO |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 06:09 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 06:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/110565 |
Actions (login required)
View Item |