MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007

SUSANTI , SUSANTI (2007) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
1.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab IV)
4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran I)
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Lmpiran II)
lamp3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran III)
lamp_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada siswa kelas VIII B semester II SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta kelas VIII semester II tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas VIII A, VIII B, VIII C dan VIII D. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan atas ciri -ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri -ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya, atau dengan kata lain unit sampel disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian, yaitu berdasarkan masalah -masalah yang ditemukan pada saat observasi ketika pembelajaran berlangsung dikelas. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,69 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,86, rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,27 dan siklus III meningkat menjadi 7,45. Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi LSQ pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,24 point atau 24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan LSQ meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2006/2007 sebesar 0,24 point atau 24%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi LSQ, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2011 08:44
Last Modified: 24 Mar 2011 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10985

Actions (login required)

View Item View Item