PURNOMO , IRWAN TRI (2007) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DRILL DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Bab.1)
BAb.1.pdf Download (285kB) |
|
|
PDF (Daftar pustaka)
dapust.pdf Download (280kB) |
|
|
PDF (Hal.depan)
Hal.depan.pdf Download (297kB) |
|
PDF (Full texs)
A410020025.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari minat belajar siswa. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP N 6 Surakarta yang berjumlah 38 siswa, subyek pelaksanaan tindakan adalah Guru SMP N 6 Surakarta dan subyek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentasi dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode drill yang meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan dan tahap penampilan hasil. Adapun peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang ada, yaitu : (a) kegiatan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengajukan ideide tinggi, (b) kegiatan siswa dalam mengerjakan soal/ tugas mandiri sangat tinggi, (c) kegiatan siswa dalam maju mengerjakan soal-soal ke depan kelas sedang, dan (d) gangguan kelas sangat rendah. Dan peningkatan prestasi belajar matematika sangat tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi-belajar, matematika, minat-belajar, drill |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 21 Mar 2011 09:01 |
Last Modified: | 21 Mar 2011 09:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/10907 |
Actions (login required)
View Item |