MARDIYANA, TINA and -, Prof. Dr. Endang Fauziati, M.Hum and -, Yeny Prastiwi, S.Pd., M.Hum, PhD. (2022) Analisis Buku Teks Tematik Sekolah Dasar Berdasarkan Kriteria BSNP. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI ILMIAH.pdf Download (642kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI_TINA MARDIYANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mardiyana, Tina. “Analisis Buku Teks Tematik Sekolah Dasar Berdasarkan Kriteria BSNP”. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Dasar. Sekolah Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pembimbing I Prof. Prof. Dr. Endang Fauziati, M.Hum., Pembimbing 2 Yeny Prastiwi, S.Pd., M.Hum, PhD. Berbagai macam buku teks tematik Sekolah Dasar digunakan dan beredar di pasaran. Akan tetapi belum dilakukan analisis terhadap kualitas buku teks tematik kelas V secara lengkap dari aspek bahasa, isi, penyajian maupun kegrafikaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) kualitas bahasa, 2) kualitas isi, 3) kualitas penyajian, 4) kualitas kegrafikaan dan 5) menjelaskan kelebihan dan kelemahan buku teks tematik kelas V Sekolah Dasar. Data penelitian ini adalah semua teks pada buku teks tematik kelas V Sekolah Dasar tema Panas dan Perpindahannya terbitan Kemendikbud, Yudhistira, dan Erlangga. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan, reduksi, penarikan kesimpulan dan pembuatan narasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) kualitas bahasa berkategori baik dengan persentase 72,2%; (2) kualitas isi berkategori baik dengan persentase 83,1%; (3) kualitas penyajian berkategori sangat baik dengan persentase 91,3%; (4) kualitas kegrafikaan berkategori baik dengan persentase 80,9%; dan (5) kelebihan buku teks yaitu bahasa sesuai perkembangan peserta didik, runtut, sesuai kompetensi, memuat pendekatan saintifik, berpusat pada peserta didik, penyajian sistematis, warna dan ilustrasi mendukung. Kelemahan buku teks tematik yaitu kaidah bahasa kurang tepat, kurang lugas, kurang pemanfaatan teknologi digital dan penilaian autentik belum nampak secara eksplisit. Penelitian ini menyimpulkan bahwa buku teks memiliki kualitas baik sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam proses pembelajaran kelas V Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Buku Teks Tematik, Kelas V, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | TINA MARDIYANA |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:41 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/104037 |
Actions (login required)
View Item |