Penerapan Strategi Pembelajaran College Ball untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Matematika (PTK pada Kelas VIII B Semester Genap SMP Islam Sultan Fattah Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014)

Sari, Mustika Kurnia and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran College Ball untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Matematika (PTK pada Kelas VIII B Semester Genap SMP Islam Sultan Fattah Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (878kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (261kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (468kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran College Ball pada siswa kelas VIIIB semester genap SMP Islam Sultan Fattah Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB berjumlah 26 siswa sebagai subyek penerima tindakan, guru matematika bertindak sebagai subyek pemberi tindakan dan peneliti bertindak sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerja sama dan hasil belajar matematika. Hal ini terlihat dari peningkatan indikator – indikator kerja sama: 1) tanggung jawab secara bersama – sama menyelesaikan pekerjaan dari 15,4% menjadi 53,8%, 2) saling berkontribusi dari 15,4% menjadi 46,2%, 3) pengerahan kemampuan secara maksimal dari 23,1% menjadi 57,7%. Peningkatan indikator hasil belajar: ketuntasan nilai siswa dilihat dari KKM yang telah ditentukan (KKM = 6,4) dari 12,45% menjadi 53,8%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran College Ball dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: college ball, hasil belajar, kerja sama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2014 14:34
Last Modified: 17 Oct 2021 22:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30530

Actions (login required)

View Item View Item