Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan PLSV (PTK di Kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Sambirejo)

Setyaningsih, Iva (2011) Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Pelajaran Matematika Pokok Bahasan PLSV (PTK di Kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Sambirejo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (188kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
03._BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (BAB II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (BAB III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (BAB IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BAB V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode resitasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Sambirejo yang berjumlah 30 siswa dan obyek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) siswa mampu mengemukakan ide, sebelum tindakan sebesar 26,6%, sesudah tindakan naik menjadi 86,66%, 2) siswa yang mampu menjawab pertanyaan guru dan mengerjakan soal di papan tulis secara tepat, sebelum tindakan sebesar 16,6%, sesudah tindakan naik menjadi 63,33%, 3) siswa yang mampu memberikan tanggapan tentang jawaban peserta didik lain, sebelum tindakan sebesar 16,6%, sesudah tindakan naik menjadi 73,33%, 4) siswa yang mampu membuat kesimpulan, sebelum tindakan sebesar 10%, sesudah tindakan naik menjadi 56,66%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitasi dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A410/2012-31
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, metode resitasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 23 Feb 2012 04:58
Last Modified: 02 Jul 2012 08:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/17018

Actions (login required)

View Item View Item