Karakteristik Soft Skill dalam Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Lembaga pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta

Kusuma, Kartika Wijayanti and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2019) Karakteristik Soft Skill dalam Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Lembaga pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (602kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan Kartika Wijayanti.pdf

Download (885kB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV Kartika.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN KARTIKA WIJAYANTI K.pdf

Download (869kB)

Abstract

ABSTRAK Kartika Wijayanti Kusuma/A210156001. KARAKTERISTIK SOFT SKILL DALAM MATA PELAJARAN PRAKTIK AKUNTANSI LEMBAGA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK BATIK 2 SURAKARTA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli 2019 Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui soft skill apa saja yang diajarkan kepada peserta didik kelas XI jurusan akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Kedua, mengetahui cara penanaman soft skill dalam mata pelajaran praktik akuntansi lembaga kelas XI jurusan akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Ketiga, mengetahui factor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran praktik akuntansi lembaga kelas XI jurusan akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan. Obyek penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta, Guru Mata Pelajaran Praktik Akuntansi. Hasil penelitian mengemukakan soft skill yang diterapkan guru kepada peserta didik meliputi kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab, berkomunikasi dan kepemimpinan. Adapun cara penanaman soft skill dengan melakukan pendekatan dan membentuk kelompok diskusi saat pembelajaran. Faktor Penghambat Pengembangannya: 1) alokasi waktu yang tidak sesuai dengan banyaknya materi yangdiajarkan, 2) tidak diprogramkan kerjasama antara orang tua dengan pihak sekolah dalam mengembangkan soft skill peserta didik. Solusi yang dipakai guru yaitu, tetap komitmen untuk mengembangkan soft skill peserta didik. Factor Pendukung Pengembangannya: 1) banyaknya dukungan yang diberikan kepada siswa oleh kepala sekolah walikelas, para guru mata pelajaran maupun karyawan di SMK Batik 2 Surakarta, 2)fasilitas yang memadai dalam menunjang pembelajaran. Kata kunci: soft skill, pembelajaran praktik akuntansi lembaga

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: soft skill, pembelajaran praktik akuntansi lembaga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: KARTIKA WIJAYANTI KUSUMA
Date Deposited: 10 Aug 2019 01:50
Last Modified: 10 Aug 2019 01:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75823

Actions (login required)

View Item View Item