Kusuma, Kartika Wijayanti and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2019) Karakteristik Soft Skill dalam Mata Pelajaran Praktik Akuntansi Lembaga pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (602kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan Kartika Wijayanti.pdf Download (885kB) |
|
PDF (Bab I)
Bab I.pdf Download (235kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab IV)
Bab IV Kartika.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | Request a copy |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN KARTIKA WIJAYANTI K.pdf Download (869kB) |
Abstract
ABSTRAK Kartika Wijayanti Kusuma/A210156001. KARAKTERISTIK SOFT SKILL DALAM MATA PELAJARAN PRAKTIK AKUNTANSI LEMBAGA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK BATIK 2 SURAKARTA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Juli 2019 Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui soft skill apa saja yang diajarkan kepada peserta didik kelas XI jurusan akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Kedua, mengetahui cara penanaman soft skill dalam mata pelajaran praktik akuntansi lembaga kelas XI jurusan akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Ketiga, mengetahui factor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran praktik akuntansi lembaga kelas XI jurusan akuntansi SMK Batik 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan. Obyek penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Batik 2 Surakarta, Guru Mata Pelajaran Praktik Akuntansi. Hasil penelitian mengemukakan soft skill yang diterapkan guru kepada peserta didik meliputi kemampuan berpikir kritis, tanggung jawab, berkomunikasi dan kepemimpinan. Adapun cara penanaman soft skill dengan melakukan pendekatan dan membentuk kelompok diskusi saat pembelajaran. Faktor Penghambat Pengembangannya: 1) alokasi waktu yang tidak sesuai dengan banyaknya materi yangdiajarkan, 2) tidak diprogramkan kerjasama antara orang tua dengan pihak sekolah dalam mengembangkan soft skill peserta didik. Solusi yang dipakai guru yaitu, tetap komitmen untuk mengembangkan soft skill peserta didik. Factor Pendukung Pengembangannya: 1) banyaknya dukungan yang diberikan kepada siswa oleh kepala sekolah walikelas, para guru mata pelajaran maupun karyawan di SMK Batik 2 Surakarta, 2)fasilitas yang memadai dalam menunjang pembelajaran. Kata kunci: soft skill, pembelajaran praktik akuntansi lembaga
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | soft skill, pembelajaran praktik akuntansi lembaga |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | KARTIKA WIJAYANTI KUSUMA |
Date Deposited: | 10 Aug 2019 01:50 |
Last Modified: | 10 Aug 2019 01:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/75823 |
Actions (login required)
View Item |