Juliani, Asih and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Drs. Saifudin Zuhri, M.Ag (2015) Upaya Meningkatkan Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (14MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (501kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2014/2015. Masalah yang dikaji (1) siapa yang berupaya meningkatkan keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran? (2) bagaimana bentuk upaya meningkatkan keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran? (3) bagaimana peran keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran? Tujuan penelitian ini untuk memaparkan siapa yang berupaya meningkatkan keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk mendeskripsikan bentuk upaya meningkatkan keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran, dan untuk mendeskripsikan peran keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar belakang di SMP Negeri 2 Kartasura. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif dengan metode induktif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa yang berupaya untuk meningkatkan keterampilan guru PAI yaitu guru PAI dan kepala sekolah/sekolah. Ada dua bentuk upayanya, yaitu internal dan eksternal. Internal adalah upaya yang dilakukan oleh pribadi dari guru PAI dalam meningkatkan keterampilannya menggunakan media pembelajaran. Bentuk upayanya dengan mengikuti pelatihan, workshop, seminar ataupun diklat dan sering diterapkan dalam mengoperasionalkan media dan alat ketika berlangsung proses belajar mengajar. Bentuk eksternal adalah upaya yang dilakukan kepala sekolah/sekolah dalam meningkatkan keterampilan guru PAI dalam penggunaan media pembelajaran. Bentuk upaya yang dilakukan sekolah menyediakan media pembelajaran yang up to date, mendelegasikan guru PAI pada event-event yang terkait dengan upgrade wawasan keterampilan atau skill guru. Keterampilan guru dalam penggunaan media pembelajaran mempunyai peranan sangat penting karena dapat membantu proses pembelajaran. Dengan penggunaan media pembelajara seperti papan tulis, LCD, laptop dan media gambar dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan ketepatannya maka tujuan pembelajaran dapat tercapai secara lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan guru, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 07:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39788 |
Actions (login required)
View Item |