Munzin, Muhamad and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2015) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think Pair Share (Tps) (Ptk Pada Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi FIX.pdf Download (843kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BAB I)
bab 1.pdf Download (65kB) |
|
PDF (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) | Request a copy |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) | Request a copy |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN1.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Pendekatan penelitian termasuk penelitian kualitatif. Desain penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII C, yang dilaksanakan dalam dua siklus hingga tercapai indikator pencapaian. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Kartasura berjumlah 31 siswa. Guru bertindak sebagai subyek pemberi tindakan sekaligus sebagai pengamat/observer. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, ada peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika yang dapat diamati dari peningkatan persentase indikator-indikator, yaitu (1) Menyatakan ide matematika melalui berbicara atau lisan dari 32,5% menjadi 54,83% (2) Mampu menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika dari 41,93% menjadi 67,74 (3) Mampu mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika dari 51,61% menjadi 70,96 % (4) Menjelaskan konsep matematika dari 25,80% menjadi 51,61% (5) Memperoleh nilai di atas KKM (≥70)) dari 41,93% menjadi 77,41%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Komunikasi; Think Pair Share |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhamad Munzin |
Date Deposited: | 04 Nov 2015 04:01 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39001 |
Actions (login required)
View Item |