Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think Pair Share (Tps) (Ptk Pada Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015)

Munzin, Muhamad and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2015) Peningkatan Komunikasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Think Pair Share (Tps) (Ptk Pada Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi FIX.pdf

Download (843kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BAB I)
bab 1.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Kartasura. Pendekatan penelitian termasuk penelitian kualitatif. Desain penelitian, penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas VIII C, yang dilaksanakan dalam dua siklus hingga tercapai indikator pencapaian. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Kartasura berjumlah 31 siswa. Guru bertindak sebagai subyek pemberi tindakan sekaligus sebagai pengamat/observer. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian, ada peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika yang dapat diamati dari peningkatan persentase indikator-indikator, yaitu (1) Menyatakan ide matematika melalui berbicara atau lisan dari 32,5% menjadi 54,83% (2) Mampu menghubungkan benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide matematika dari 41,93% menjadi 67,74 (3) Mampu mendengarkan, berdiskusi, dan menulis tentang matematika dari 51,61% menjadi 70,96 % (4) Menjelaskan konsep matematika dari 25,80% menjadi 51,61% (5) Memperoleh nilai di atas KKM (≥70)) dari 41,93% menjadi 77,41%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu penerapan metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Komunikasi; Think Pair Share
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhamad Munzin
Date Deposited: 04 Nov 2015 04:01
Last Modified: 12 Oct 2021 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39001

Actions (login required)

View Item View Item