Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 01 Tohudan Karanganyar

Bandono, Wahyu Ardhi and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 01 Tohudan Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (960kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik pengadaan sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik pendistribusian sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik pemeliharaan sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan.Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri 01 Tohudan Karanganyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis lintas situs untuk diskripsi. Hasil penelitian adalah (1) Pengadaan sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan diadakan berdasarkan perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana yang disusun pada awal tahun ajaran baru, bersama dengan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah yang disusun dalam musyawarah warga sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan penjaga sekolah. (2) Pendistribusian dilakukan dengan 2 (dua) sistem, yaitu pendistribusian langsung dan tak langsung. Pendistribusian langsung, diterapkan terhadap barang-barang yang dalam pengirimnnya dilakukan sekaligus, barang-barang yang sudah di terima dan di inventarisasikan langsung di salurkan kepada kepala sekolah, guru, atau penjaga yang membutuhkan tanpa melalui proses penyimpanan terlebih dahulu. Sedangkan pendistribusian secara tak langsung dilakukan terhadap sarpras yang pengirimannya tidak selesai sekaligus, sehingga sebelum semua pengiriman lengkap, maka belum dapat diserahkan kepada yang bersangkutan, selain itu pendistribusian tidak langsung dilakukan apabila terdapat sarana dan prasarana yang tersisa. (3) Pemeliharaan sarana prasarana pembelajaran dilakukan oleh guru bersama siswa dengan cara menjaga kebersihan sarpras dan menempatkan pada tempat yang telah tersedia. Dan apabila terjadi kerusakan sarana prasarana yang tidak dapat diperbaiki oleh guru, maka guru melaporkan kepada kepala sekolah secara lisan yang ditindaklanjuti dengan laporan tertulis kepada kepala sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan sarana prasarana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 02 Nov 2015 12:34
Last Modified: 20 Oct 2021 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38875

Actions (login required)

View Item View Item