Bandono, Wahyu Ardhi and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Negeri 01 Tohudan Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (960kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.PDF Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan karakteristik pengadaan sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan. (2) Untuk mendeskripsikan karakteristik pendistribusian sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan. (3) Untuk mendeskripsikan karakteristik pemeliharaan sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan.Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di Sekolah Dasar Negeri 01 Tohudan Karanganyar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis lintas situs untuk diskripsi. Hasil penelitian adalah (1) Pengadaan sarana dan prasarana di SD Negeri 01 Tohudan diadakan berdasarkan perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana yang disusun pada awal tahun ajaran baru, bersama dengan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja sekolah yang disusun dalam musyawarah warga sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan penjaga sekolah. (2) Pendistribusian dilakukan dengan 2 (dua) sistem, yaitu pendistribusian langsung dan tak langsung. Pendistribusian langsung, diterapkan terhadap barang-barang yang dalam pengirimnnya dilakukan sekaligus, barang-barang yang sudah di terima dan di inventarisasikan langsung di salurkan kepada kepala sekolah, guru, atau penjaga yang membutuhkan tanpa melalui proses penyimpanan terlebih dahulu. Sedangkan pendistribusian secara tak langsung dilakukan terhadap sarpras yang pengirimannya tidak selesai sekaligus, sehingga sebelum semua pengiriman lengkap, maka belum dapat diserahkan kepada yang bersangkutan, selain itu pendistribusian tidak langsung dilakukan apabila terdapat sarana dan prasarana yang tersisa. (3) Pemeliharaan sarana prasarana pembelajaran dilakukan oleh guru bersama siswa dengan cara menjaga kebersihan sarpras dan menempatkan pada tempat yang telah tersedia. Dan apabila terjadi kerusakan sarana prasarana yang tidak dapat diperbaiki oleh guru, maka guru melaporkan kepada kepala sekolah secara lisan yang ditindaklanjuti dengan laporan tertulis kepada kepala sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan sarana prasarana |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 12:34 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38875 |
Actions (login required)
View Item |