SUDIRJI, SUDIRJI and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2015) Pengaruh Lama Belajar Di Rumah Dan Sikap Otoriter Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Baturan Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Baturan.
PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (859kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf Download (886kB) |
|
PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (487kB) |
|
PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
|
PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Full Teks)
11. FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh sikap otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Baturan Colomadu tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi dan sampel seluruh siswa kelas tinggi V SD Muhammadiyah Baturan yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dilanjutkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, SR dan SE yang didahului dengan uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 74.217+ 0,235X_1 + (-0,248X2). Hasil analisis data taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) lama belajar di rumah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung ≥ ttabel , yaitu 2.996 ≥ 2,145 dan nilai probabilitas signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,010, dengan sumbangan relative sebesar 79% dan sumbangan efektif sebesar 32,232%. (2) Sikap otoriter orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa karena –thitung ≤ -ttabel , yaitu -2,169 ≤ -2.145 dan nilai probabilitas signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,048 dengan sumbangan relative sebesar sebesar 21% dan sumbangan efektif sebesar 8,568%. (3) Lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung ≥ Ftabel yaitu 4,285 ≥ 3,74 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,025 ≤ 0,05. Berdasarkan keterangan hasil penelitian yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lama Belajar di Rumah, Sikap Otoriter Orang Tua dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Sudirji |
Date Deposited: | 28 Oct 2015 04:59 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38311 |
Actions (login required)
View Item |