Pengaruh Lama Belajar Di Rumah Dan Sikap Otoriter Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Baturan Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015

SUDIRJI, SUDIRJI and , Drs. Mulyadi S. K., SH.,M.Pd (2015) Pengaruh Lama Belajar Di Rumah Dan Sikap Otoriter Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Baturan Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Baturan.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (859kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (886kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Full Teks)
11. FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh sikap otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Baturan Colomadu tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi dan sampel seluruh siswa kelas tinggi V SD Muhammadiyah Baturan yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi dilanjutkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi, SR dan SE yang didahului dengan uji prasyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y= 74.217+ 0,235X_1 + (-0,248X2). Hasil analisis data taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) lama belajar di rumah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa thitung ≥ ttabel , yaitu 2.996 ≥ 2,145 dan nilai probabilitas signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,010, dengan sumbangan relative sebesar 79% dan sumbangan efektif sebesar 32,232%. (2) Sikap otoriter orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa karena –thitung ≤ -ttabel , yaitu -2,169 ≤ -2.145 dan nilai probabilitas signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,048 dengan sumbangan relative sebesar sebesar 21% dan sumbangan efektif sebesar 8,568%. (3) Lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan uji F diketahui bahwa Fhitung ≥ Ftabel yaitu 4,285 ≥ 3,74 dan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,025 ≤ 0,05. Berdasarkan keterangan hasil penelitian yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa lama belajar di rumah dan sikap otoriter orang tua bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SD Muhammadiyah Baturan Tahun Ajaran 2014/2015

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lama Belajar di Rumah, Sikap Otoriter Orang Tua dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Sudirji
Date Deposited: 28 Oct 2015 04:59
Last Modified: 07 Oct 2021 06:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38311

Actions (login required)

View Item View Item