Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual bagi Siswa Kelas III SDIT Ar-Risalah Surakarta Tahun 2014/2015

PAMBUDI, JANUAR and , Risminawati (2015) Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual bagi Siswa Kelas III SDIT Ar-Risalah Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (532kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (904kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDIT Ar-Risalah Surakarta melalui strategi pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara komparatif dan interaktif. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian, peningkatan kreativitas belajar yaitu (a) siswa yang mampu mengemukakan pertanyaan dari kondisi awal 15,4% siklus I 23,1% dan siklus II 69,2%, (b) siswa yang mampu menyatakan ide dari kondisi awal 19,2% siklus I 30,8% siklus II 65,4%, (c) siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari kondisi awal 11,5% siklus I 23,1% siklus II 76,9%, dan (d) siswa yang mampu mengerjakan soal di depan kelas dari kondisi awal 11,5% siklus I 23,1% siklus II 61,5%. Sedangkan peningkatan hasil belajar matematika dari kondisi awal 38,5%, siklus I 61,5% siklus II 80,8%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, peningkatan hasil belajar, peningkatan kreativitas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Januar Pambudi
Date Deposited: 06 Aug 2015 08:58
Last Modified: 06 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36365

Actions (login required)

View Item View Item