ASTUTI, DEWI ARIANTI PUJI and , Drs. H. Nur Chusni, SE., M.Ag (2015) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Pada Siswa Kelas X Di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
_10_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (844kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
_2_HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
_3_BAB I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (BAB II)
_4_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (BAB III)
_5_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
PDF (BAB IV)
_6_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
PDF (BAB V)
_7_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
_8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (67kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
_9_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
_1_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2014/2015, 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi kewirausahaan pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2014/2015, 3) pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Kartasura tahuhn ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian assosiatif kuantitatif. Lokasi penelitian ini di SMK Muhammadiyah Kartasura. Popilasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Kartasura tahun ajaran 2014/2015yang berjumlah 160 siswa. Sampel diperoleh dengan menggunakan tabel kreijcie dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh 110 siswa dengan teknik proportional stratifield random sampling (undian). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisi regresi linear berganda, uji t, uji F, Uji R 2 , sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan pnelitian ini adalah: 1) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 2,657 > 1,982 diterima pada taraf signifikansi < 0,05, yaitu 0,009. Motivasi belajar memberikan konstribusi sebesar 7,4% terhadap prestasi belajar kewirausahaan. 2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil analisis regresi memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,846 > 1,982 diterima pada signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Lingkungan keluarga memberikan konstribusi sebesar 13,53% terhadap preatasi belajar kewirausahaan. 3) Motivasi belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar kewirausahaan pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Kartasura. Hasil analisis regresi memperoleh nilai bahwa Ho ditolak, karena Fhitung > Ftabel yaitu 14,245 > 3,081 dan diterima pada taraf signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 4) Hasil uji R 2 sebesar 0,210, artinya motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar kewirausahaan adalah sebesar 21%, sedangkan 79% sis anya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, lingkungan keluarga dan prestasi belajar kewirausahaan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | dewi arianti puji a |
Date Deposited: | 04 Jul 2015 05:37 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 06:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/34219 |
Actions (login required)
View Item |