Pengelolaan Pembelajaran Nilai Nasionalisme dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK PGRI Sukoharjo Tahun 2012/2013

Sahana, Bambang and , Dr. Bambang Sumardjoko and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si. (2015) Pengelolaan Pembelajaran Nilai Nasionalisme dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK PGRI Sukoharjo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn di SMK PGRI Sukoharjo. Data penelitian ini diperoleh melalui informan atau nara sumber, data, lokasi, dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses pelaksanaan penelitian ini melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Diharapkan dengan pengelolaan nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn di SMK PGRI Sukoharjo ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan baru bagaimana siswa dapat menerapkan nilai nasionalisme dalam kehidupan seharihari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dituntut untuk dapat membuat perencanaan dan perabot pembelajaran, guru dapat melaksanakan apa yang telah dirumuskan dalam program pembelajaran, dan guru dapat melaksanakan penilaian terhadap apa yang telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn yang di mulai dengan perencaan awal yang matang dan terintegrasi, pelaksanaan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan didukung sarana prasarana yang memadai serta keteladanan semua guru, dan pelaksanaan penilaian yang terstruktur maka akan menghasilkan pengelolaan pembelajaran seperti yang diharapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, nilai, nasionalisme, kewarganegaraan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: q100110079
Date Deposited: 17 Jun 2015 05:40
Last Modified: 12 Oct 2021 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33410

Actions (login required)

View Item View Item