Sahana, Bambang and , Dr. Bambang Sumardjoko and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si. (2015) Pengelolaan Pembelajaran Nilai Nasionalisme dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMK PGRI Sukoharjo Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.pdf Download (175kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (338kB) |
|
PDF (BAB I)
Bab 1.pdf Download (28kB) |
|
PDF (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
PDF (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
PDF (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
PDF (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn di SMK PGRI Sukoharjo. Data penelitian ini diperoleh melalui informan atau nara sumber, data, lokasi, dan peristiwa berlangsungnya kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses pelaksanaan penelitian ini melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Diharapkan dengan pengelolaan nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn di SMK PGRI Sukoharjo ini dapat memberikan gambaran dan pengetahuan baru bagaimana siswa dapat menerapkan nilai nasionalisme dalam kehidupan seharihari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dituntut untuk dapat membuat perencanaan dan perabot pembelajaran, guru dapat melaksanakan apa yang telah dirumuskan dalam program pembelajaran, dan guru dapat melaksanakan penilaian terhadap apa yang telah dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengelolaan nilai nasionalisme dalam pembelajaran PKn yang di mulai dengan perencaan awal yang matang dan terintegrasi, pelaksanaan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan didukung sarana prasarana yang memadai serta keteladanan semua guru, dan pelaksanaan penilaian yang terstruktur maka akan menghasilkan pengelolaan pembelajaran seperti yang diharapkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, nilai, nasionalisme, kewarganegaraan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | q100110079 |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 05:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 12:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33410 |
Actions (login required)
View Item |