Hendrikawati, Oktaviani and , Dr. Sumardi, M.Si (2015) Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Kreativitas Bagi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (757kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (110kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (610kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan kreativitas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan model pembelajaran. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket kemampuan kreativitas dan tes prestasi belajar matematika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 4,887769, (2) terdapat pengaruh kemampuan kreativitas tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning dan model pembelajaran Project Based Learning, dengan FB = 4,077501, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran problem based learning, model pembelajaran project based learning, dan tingkat kemampuan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 0,074863.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, project based learning, kemampuan kreativitas, prestasi belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 09:02 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 06:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33187 |
Actions (login required)
View Item |