Handayani, Febriana Ika and , Masduki, S.Si, M.Si (2015) Respon Mahasiswa Terhadap Pengembangan Nilai-Nilai Islam Setelah Mengimplementasikan Model Pembelajaran Matematika Yang Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester 1 Kelas A Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan respon mahasiswa terhadap pengembangan nilai-nilai islam, dan mendiskripsikan nilai-nilai islam yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika. subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 kelas A yang menempuh mata kuliah matematika dasar FKIP Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 38 mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data secara kualitatif melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap pengembangan nilai-nilai islam setelah dosen mengimplementasikan model pembelajaran matematika yang mengintegrasikan nilai-nilai islam. Dari data yang diperoleh, nilai-nilai islam yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika yaitu sabar (shabr), jujur (shidq), berusaha keras (jihad), berpikir (tafakkur, tadabbur), konsisten (istiqomah), dan toleransi (tasamuh).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respon mahasiswa, nilai-nilai islam, pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 03:40 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 04:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33147 |
Actions (login required)
View Item |