Supriyanto, Agus and , Drs. Saring Marsudi, SH, M.Pd (2014) Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Semester I Model Cooperatif Learning Media Stik Berjalan Pada Siswa Kelas III SDN Jimbaran 02. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (434kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
DAFTAR ISI(1).pdf Download (155kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN NEW.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN melalui strategi cooperatif Learning media stik berjalan. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas III dan guru SDN Jimbaran 02 pada tanggal 29 September 2014. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua kali pertemuan sedangkan siklus kedua dilakukan dua kali pertemuan. Subyeknya Siswa kelas III SDN jimbaran 02 yang berjumlah 28 siswa dan obyeknya adalah motivasi belajar siswa serta strategi cooperatif learning media stik berjalan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan bahan ajar. Indikator motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn adalah sebagai berikut:(1) semangat / aktif ; (2) kerja sama; (3) tanggung jawab; dan (4) keberanian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa kelas III SDN Jimbaran 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi cooperatif learning media stik berjalan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap , siklus I dan siklus II. Pada tahap siklus I pertemuan I diketahui motivasi belajar siswa rendah dengan presentase 60,3%. Pada siklus I pertemuan II terdapat motivasi belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase motivasi belajar siswa 61,4% . Pada siklus II pertemuan I motivasi belajar siswa sangat baik dengan presentase 85,6%. Pada siklus II pertemuan II motivasi belajar siswa sangat baik dengan presentase 86,9%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan motivasi belajarsiswa dengan penerapan strategi pembelajaran cooperatif learning media stik berjalan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, motivasibelajarPKn, strategi cooperatif learning media stik berjalan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2015 01:35 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31893 |
Actions (login required)
View Item |