Yunanda, Nico Satya (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Sugihmanik Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (363kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (725kB) |
|
|
PDF (Bab I )
BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II )
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab III )
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab IV )
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Pendidikan IPA merupakan mata pelajaran yang memberikan kesempatan untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta mampu mengembangkan lebih lanjut dalam menerapkan pada saat menerima pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi dasar agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Berdasarkan data awal melalui observasi di kelas IV SD Negeri 1 Sugihmanik ditemukan permasalahan dalam pembelajaran. Guru belum maksimal dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Terlalu banyak menggunakan ceramah, kurang variatif dan jarang menggunakan media pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA?. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkat pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sugihmanik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran IPA. Aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata skor 23,42 dalam kategori baik, dan siklus II dengan rata-rata skor 30,29 dalam kategori sangat baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian tersebut disimpulkan, bahwa pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas siswa. Guru diharapkan dalam setiap pembelajaran perlu merencanakan model atau strategi serta mempersiapkan media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan yang digunakan sebagai alternatif sumber belajar bagi siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Berbasis Lingkungan Salah Satu Alternatif Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 14:04 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31833 |
Actions (login required)
View Item |