Rofiah, Siti Naimmatul and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2014) Studi Komparasi Strategi Card Short Berbasis Puzzle Dengan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Muatan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pulokulon 3 Dan SD Negeri Pulokulon 4 Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN..pdf Download (782kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (227kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.lampiran_ALL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (493kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara strategi card short berbasis puzzle dengan index card match terhadap hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SD Negeri Pulokulon 3 dan SD Negeri Pulokulon 4 Tahun 2014/2015, (2) pengaruh yang lebih besar antara strategi card short berbasis puzzle dengan index card match dalam meningkatkan hasil belajar muatan IPA siswa kelas V SD Negeri Pulokulon 3 dan SD Negeri Pulokulon 4 Tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N Pulokulon 3 dan SD N Pulokulon 4 tahun 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji keseimbangan dan uji normalitas. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,849 > 1,994 dengan nilai rata-rata hasil belajar muatan IPA kelas V SD Negeri Pulokulon 4 lebih besar dibandingkan kelas V SD Negeri Pulokulon 3, yaitu 88,42 > 81,44. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara strategi card short berbasis puzzle dengan strategi index card match terhadap hasil belajar muatan IPA. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,849 > 1,994. (2) strategi card short berbasis puzzle lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan strategi index card match dalam meningkatkan hasil belajar muatan IPA. Berdasarkan rata-rata kelas eksperimen I > rata-rata kelas eksperimen II, yaitu 88,42 > 81,44.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi card short berbasis puzzle, strategi index card match, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 09:38 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 06:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31782 |
Actions (login required)
View Item |