Rancang Bangun E-Learning Berbasis Web pada Pelajaran Produktif Kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Mojosongo Boyolali)

Ikhsan, Muhammad and , Aris Rakhmadi, S.T., M. Eng. (2014) Rancang Bangun E-Learning Berbasis Web pada Pelajaran Produktif Kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Mojosongo Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (822kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (607kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAb V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun media pembelajaran berbasis Web pada pelajaran produktif (kejuruan) kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian di SMK Negeri 1 Mojosongo, Boyolali menggunakan aplikasi Moodle dan menguji keefektifan metode pembelajaran. Pengujian untuk mengukur efektifitas E-Learning dilakukan di SMK Negeri 1 Mojosongo, Boyolali dengan melibatkan siswa kelas X TPHP dan guru. Pengujian telah dilakukan sistem pre test dan post test kemudian dianalisa menggunakan aplikasi SPSS. Hasil yang didapat dalam penelitian ini bahwa efektivitas penggunaaan E-Learning berbasis web lebih tinggi daripada menggunakan media pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan oleh uji post test pada masing-masing kompetensi kejuruan dengan uji t menunjukkan nilai P-value < (0,05) yang berarti Ho (rataan antara kelas yang menggunakan aplikasi E-Learning dengan kelas konvensional sama) ditolak atau menerima H1 (rataan antara kelas yang menggunakan aplikasi E-Learning dengan kelas konvensional berbeda), sehingga dapat disimpulkan bahwa secara statistik ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil post test kelas konvensional dengan hasil nilai post test kelas yang menggunakan aplikasi E-Learning ada pengaruh hasil pembelajaran terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, E-Learning, konvensional.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. Middle Schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 18 Nov 2014 12:57
Last Modified: 08 Nov 2022 03:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30918

Actions (login required)

View Item View Item