Ikhsan, Muhammad and , Aris Rakhmadi, S.T., M. Eng. (2014) Rancang Bangun E-Learning Berbasis Web pada Pelajaran Produktif Kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Mojosongo Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (822kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (607kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (224kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (BAb V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah membangun media pembelajaran berbasis Web pada pelajaran produktif (kejuruan) kelas X Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian di SMK Negeri 1 Mojosongo, Boyolali menggunakan aplikasi Moodle dan menguji keefektifan metode pembelajaran. Pengujian untuk mengukur efektifitas E-Learning dilakukan di SMK Negeri 1 Mojosongo, Boyolali dengan melibatkan siswa kelas X TPHP dan guru. Pengujian telah dilakukan sistem pre test dan post test kemudian dianalisa menggunakan aplikasi SPSS. Hasil yang didapat dalam penelitian ini bahwa efektivitas penggunaaan E-Learning berbasis web lebih tinggi daripada menggunakan media pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukan oleh uji post test pada masing-masing kompetensi kejuruan dengan uji t menunjukkan nilai P-value < (0,05) yang berarti Ho (rataan antara kelas yang menggunakan aplikasi E-Learning dengan kelas konvensional sama) ditolak atau menerima H1 (rataan antara kelas yang menggunakan aplikasi E-Learning dengan kelas konvensional berbeda), sehingga dapat disimpulkan bahwa secara statistik ada perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil post test kelas konvensional dengan hasil nilai post test kelas yang menggunakan aplikasi E-Learning ada pengaruh hasil pembelajaran terhadap siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, E-Learning, konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. Middle Schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Users 1508 not found. |
Date Deposited: | 18 Nov 2014 12:57 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 03:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30918 |
Actions (login required)
View Item |