Wasilaturochmah, Niva Nur and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Optimalisasi Penggunaan Strategi Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Keberanian Belajar Matematika Siswa ( PTK bagi Siswa Kelas VIII E Semester Genap SMP Negeri 2 Banyudono Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VIII E semester genap SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2013/2014 melalui optimalisaasi penggunaan strategi Two Stay Two Stray. Penelitian bertujuan untuk mengoptimalisasikan penggunaan strategi Two Stay Two Stray untuk meningkatkan keaktifan dan keberanian belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif yang dilakukan oleh peneliti dan guru matematika.Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data berupa observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.Hal tersebut terlihat dari beberapa indikator sebagai berikut: 1) siswa berani mengajukan pertanyaan pada kondisi awal 8,82%, siklus I 21,87%, siklus II 56,25%, dan siklus III 64,70%, 2) siswa berani menjawab pertanyaan pada kondisi awal 5,88%, siklus I 15,62%, siklus II 37,50%, dan siklus III 61,76%, 3) siswa berani mengerjakan soal di depan kelas pada kondisi awal 8,82%, siklus I 15,62%. Siklus II 46,87%, dan siklus III 70,58%, 4) siswa aktif menuliskan hasil diskusi pada kondisi awal 17,64%, siklus I 31,25%, siklus II 62,50%, dan siklus III 73,52%, 5) siswa aktif mengungkapkan ide pada kondisi awal 0%, siklus I 12,50%, siklus II 31,25%, dan siklus III 61,76%, 6) siswa aktif mempresentasikan atau menyampaikan hasil diskusi pada kondisi awal 0%, siklus I 18,75%, siklus II 59,37%, dan siklus III 64,70%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa optimalisasi penggunaan strategi Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan keberanian belajar matematika siswa kelas VIII E semester genap SMP Negeri 2 Banyudono tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, keberanian, Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 14:04 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 20:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30528 |
Actions (login required)
View Item |