Maisaroh, Isti and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko M.Pd. (2014) Penanaman Karakter Disiplin Dalam Program Keislaman (Studi Kasus Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (422kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (797kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (277kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kedisiplinan siswa, pelaksanaan kegiatan keislaman, serta hambatan dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan keislaman di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang keislaman, guru Pendidikan Kewarganegaraan dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan mencatat dokumen atau arsip. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis penelitian menggunakan teknik interaktif yang digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen atau arsip. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan program keislaman sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat pihak sekolah sebelumnya. Program keislaman dilaksanakan dalam sholat dhuha dan sholat dzuhur. Adzan dan ikhomah secara otomatis oleh siswa. Siswa dilatih kultum di depan teman. 2) Bentuk-bentuk penanaman karakter disiplin dalam program keislaman. Pihak sekolah melakukan pola pembelajaran yang heterogen. Ustad dan ustadzah membimbing, mendampingi dan mengontrol jalannya kegiatan keislaman. Ustad dan ustadzah mengevaluasi kegiatan keislaman. 3) Hambatan dan Solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan program keislaman. Terdapat beberapa siswa yang terlambat dalam mengikuti sholat dhuha. Keterbatasan tempat ibadah dalam pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah. Solusi yang muncul ketika terdapat masalah-masalah atau hambatan yang sangat beraneka ragam pihak sekolah berusaha untuk memperbaiki dengan sosialisasi-sosialisasi tentang pentingnya kegiatan-kegiatan keislaman.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | disiplin, karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Oct 2014 11:14 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30508 |
Actions (login required)
View Item |