Penanaman Karakter Disiplin Dalam Program Keislaman (Studi Kasus Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)

Maisaroh, Isti and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko M.Pd. (2014) Penanaman Karakter Disiplin Dalam Program Keislaman (Studi Kasus Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (797kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kedisiplinan siswa, pelaksanaan kegiatan keislaman, serta hambatan dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan keislaman di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang keislaman, guru Pendidikan Kewarganegaraan dan siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan mencatat dokumen atau arsip. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis penelitian menggunakan teknik interaktif yang digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen atau arsip. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan program keislaman sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat pihak sekolah sebelumnya. Program keislaman dilaksanakan dalam sholat dhuha dan sholat dzuhur. Adzan dan ikhomah secara otomatis oleh siswa. Siswa dilatih kultum di depan teman. 2) Bentuk-bentuk penanaman karakter disiplin dalam program keislaman. Pihak sekolah melakukan pola pembelajaran yang heterogen. Ustad dan ustadzah membimbing, mendampingi dan mengontrol jalannya kegiatan keislaman. Ustad dan ustadzah mengevaluasi kegiatan keislaman. 3) Hambatan dan Solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan program keislaman. Terdapat beberapa siswa yang terlambat dalam mengikuti sholat dhuha. Keterbatasan tempat ibadah dalam pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah. Solusi yang muncul ketika terdapat masalah-masalah atau hambatan yang sangat beraneka ragam pihak sekolah berusaha untuk memperbaiki dengan sosialisasi-sosialisasi tentang pentingnya kegiatan-kegiatan keislaman.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disiplin, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Oct 2014 11:14
Last Modified: 19 Oct 2021 06:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30508

Actions (login required)

View Item View Item