Muryudho, Slamet Tri and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2014) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Media Audio Visual Pada Kelas V Di SD Negeri 1 Karangnongko Karangnongko Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (443kB) |
|
|
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (350kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (814kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (157kB) |
|
|
PDF (Dafatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subyek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Karangnongko, Karangnongko, Klaten. Dengan obyek yang diteliti berjumlah 19 siswa. Jumlah guru SD N 1 Karangnongko ada 11 terdiri dari 1 kepala sekolah, 6 guru kelas, 1 guru Agama Islam, 1 guru Penjas, 1 petugas perpustakaan, 1 penjaga, 5 guru dan 2 petugas WB. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, check list dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 5 dan 8 Mei 2014 dalam 1 siklus yang terdiri dari 2 pertemuan. Hasil tindakan penelitian, hasil akhir menunjukan bahwa pada kondisi awal nilai rata – rata siswa adalah 60 kemudian setelah diberi tndakan pada siklus I pertemuan 1 dan 2 rata – rata siswa menjadi 66,58. Ketuntasan siswa dari 5 siswa atau 26,32% menjadi 13 siswa atau 68,43% atau meningkat 42,11%. Dengan mengunakan media audio visual siswa mendapatkan pengalaman nyata dengan gambaran yang konkret tentang gejala alam dan daur air. Siswa mendapatkan pengalaman dengan indera penglihatannya ( visual ) dan indera pendengarannya (audio ). Pengalaman ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka melalui media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pelajaran IPA pada siswa kelasV SD N 1 Karangnongko.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual Meningkatkan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Sep 2014 08:17 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 04:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30163 |
Actions (login required)
View Item |