Oktavianita, Agil and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Pkn Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas V SD Negeri 09 Purwodadi Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (271kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (213kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 09 Purwodadi, Grobogan dengan penerapan strategi Inside-Outside Circle. Jenis penelitian ini adalah PTK, subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa ke as V SD 09 Purwodadi, Grobogan dengan obyek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Inside-Outside Circle dan motivasi belajar PKn di kelas V SD 09 Purwodadi, Grobogan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar PKn yang dapat dilihat dari indikator-indikator motivasi belajar yang mencakup: 1) siswa semangat dalam proses pembelajaran, 2) siswa tidak berputus asa dalam pembelajaran, 3) siswa aktif dalam proses pembelajaran, 4) siswa berani mengungkapkan ide atau gagasan, dan 5) siswa senang dalam proses pembelajaran, meningkat dari Pra Siklus 20%, Siklus I Pertemuan I 40%, Siklus I Pertemuan II 70%, Siklus II Pertemuan I 75%, Siklus II Pertemuan II 85%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum dilakukan tindakan nilai ratarata 64,25, pada Siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 71, dan pada Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 85. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan strategi Inside-Outside Circle dapat meningkatkan motivasi belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 09 Purwodadi, Grobogan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, PKn, Inside-Outside Circle. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 Aug 2014 12:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29966 |
Actions (login required)
View Item |