Peningkatan komunikasi belajar matematika dengan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual (PTK Pada Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 1 GATAK)

Baeti, Nur and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2014) Peningkatan komunikasi belajar matematika dengan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual (PTK Pada Kelas VIII C Semester Genap SMP Negeri 1 GATAK). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan)
01.SURAT_PERNYATAAN_publikasi_karya_ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (370kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi belajar matematika melalui strategi pembelajaran kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Gatak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur yang terdiri dari tiga alur yaitu proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan komunikasi belajar matematika, dapat di lihat dari: l)kemampuan siswa menyatakan ide matematika dengan berbicara, sebelum tindakan 11,11 % meningkatn menjadi 86,11%, 2)kemampuan siswa menuliskan ide matematika ke bentuk visual, sebelum tindakan 5,55% meningkat menjadi 83,33%, 3)kemapuan siswa menggambarkan ide ke dalam model matematika, sebelum tindakan 2,78% meningkat menjadi 83,33%, dan 4)kemampuan siswa menjelaskan konsep matematika, sebelum tindakan 5,55% meningkat menjadi 83,33%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan komunikasi belajar matematika siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Gatak pada pokok bahasan lingkaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Kontekstual; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 27 Aug 2014 13:14
Last Modified: 16 Oct 2021 06:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29941

Actions (login required)

View Item View Item