Purwasih, Revi Anggraita Dwi and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Peningkatan Keaktifan Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas IV SD Islam Sukolilo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (587kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Islam Sukolilo yang berjumlah 17 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 71% atau 12 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 88% atau 15 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar siswa, model pembelajaran team assisted individualization (TAI) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 May 2014 08:12 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29151 |
Actions (login required)
View Item |