Rustiyah, Rustiyah and , Drs.Suwarno, M.Pd (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Matematikamelalui Strategi Pembelajaran Group Investigation(GI) Pada Siswa Kelas V SD N Bakaran Kulon 01 Juwana-Pati Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Download (461kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN_PTK_RUSTIYAH_A54E111044_PENINGKATAN_AKTIVITAS_BELAJAR_MATEMATIKA_MELALUI_STRATEGI_PEMBELAJARAN_GROUP_INVESTIGATION.pdf Download (303kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I_PTK_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II_PTK_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III_PTK_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab IV)
4._BAB_IV_PTK_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab V)
4._BAB_V_PTK_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
5._DAFTAR_PUSTAKA_PTK_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
6._LAMPIRAN-LAMPIRAN_PTK_RUSTIYAH_A54E111044.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika melalui strategi pembelajaran group investigation (GI) pada siswa kelas V SD N Bakaran Kulon 01 Tahun 2013/2014 dengan latar belakang pengajaran masih konvensional dan rendahnya hasil belajar siswa disinyalir menjadi pemicu rendahnya aktivitas belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober- Januari.Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Bakaran Kulon 01 yang berjumlah 48 siswa.Obyek penelitian adalah aktivitas belajar, matematika, dan strategi pembelajarangroup investigation.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dokumentasi, dan tes.Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Prosedur penelitian terdiri dari kondisi awal,siklus I,dan siklus II.Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi,dan refleksi hasil pengamatan.Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis diskripsi komparatif yaitu membandingkan nilai dari prasiklus,siklus I,dan siklus II.Hasil ini menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar.Peningkatan aktivitas belajar dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas dan nilai dari pra siklus,aktivitas belajar siswa 54.11% dengan mencapai KKM 29, 17%. Siklus I aktivitas siswa 71.57% dengan pencapaian KKM 67 %.Siklus II aktivitas siswa 85 % dengan pencapaian KKM 95.83 %.Hal ini membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran group investigation (GI) mampu meningkatkan aktivitas belajar Matematika pada siswa kelas V SD Negeri Bakaran Kulon 01 Tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Belajar,Matematika, Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 May 2014 13:02 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29145 |
Actions (login required)
View Item |