Mufidah, Laela and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Metode SAS Bagi Siswa Kelas II SD Negeri Kebonsawahan 01 Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (267kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (316kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan keterampilan membaca melalui metode SAS. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN Kebonsawahan 01 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan catatan lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriptif interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, analisis, kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi pra siklus, siklus I dan Siklus II, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca siswa. Keterampilan membaca siswa kelas II pada siklus I keterampilan kemudahan membaca 66,67% , keterampilan kecepatan membaca 80%, keterampilan ketepatan membaca 60%, keterampilan dalam menjawab pertanyaan guru 63,33%. Nilai siswa yang di bawah KKM adalah 46,67% yang terdiri dari 14 siswa sedangkan siswa yang memperoleh nilai KKM 53,33% yang terdiri dari 16 siswa. Keterampilan membaca siklus II didapat hasil yaitu : Keterampilan kemudahan membaca 83,33% , keterampilan kecepatan membaca 93,33%, keterampilan ketepatan membaca 80%, keterampilan dalam menjawab pertanyaan guru 80%. Dan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada siklus II adalah 81,5. Siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM adalah 3,33% yang terdiri dari 1 siswa siswa yang sudah mencapai nilai KKM 96,67 % yang terdiri dari 29 Siswa
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan, membaca, metode SAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 21 May 2014 12:35 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29120 |
Actions (login required)
View Item |