Margianto, Eko and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 3 Watangrejo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (477kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (247kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Watangrejo, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yaitu: (1) Menunjukkan rasa senang dan antusias terhadap pembelajaran prosentase pada prasiklus 47.92%, siklus I 68.75%, siklus II 87.50%. (2) Memberikan perhatian dan konsentrasi saat pembelajaran berlangsung pada prasiklus 45.83%, siklus I 57.29%, dan siklus II 91.35%. (3) Menunjukkan partisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran pada prasiklus 43.75%, siklus I 60.42%, dan siklus II 81,25%. (4) Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi pada prasiklus 39.58%, siklus I 64.58%, dan siklus II 83.33%. (5) menunjukkan peningkatan hasil belajar, prosentase ketuntasan pada prasiklus 41.67%, pada siklus I 50.00%, dan pada siklus II meningkat menjadi 91.67%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelas V SD Negeri 3 Watangrejo.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat; Belajar; Inquiring; Minds; Want; To Know |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Apr 2014 08:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28832 |
Actions (login required)
View Item |