Penerapan Strategi Learning Tournament Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri O3 Kacangan Tahun Ajaran 2013/2014

NASROWI, NASROWI and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penerapan Strategi Learning Tournament Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri O3 Kacangan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (709kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (420kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Learning Tournament. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 03 Kacangan, Andong, Boyolali yang berjumlah 19 siswa. Obyek dalam penelitian ini adalah rendahya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Pengaruh Gaya. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan minat belajar yang tercermin dalam antusias siswa dalam pembelajaran prosentase pada prasiklus 36,84%%, pada siklus I 55.26%%, siklus II 85,52%. Minat belajar dalam memusatkan perhatian pada pembelajaran dari prosentase prasiklus 39,47%, siklus I 60,52%, dan siklus II 86,68%. Minat belajar siswa dalam menunjukkan perilaku positif dari prosentase prasiklus 42,10%, siklus I 61,84%, dan siklus II 92,10%. Minat Belajar Siswa dalam Rajin belajar dari prosentase prasiklus 34,21%, siklus I 56,57%, dan siklus II 84,21%. Minat belajar siswa dalam menunjukkan rasa ingin tahu prosentase pada pra siklus 38,28%, siklus I57,89% , dan siklus II 88,15%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 47,18% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 57,89% pada siklus I, dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 94,73%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Learning Tournament dapat meningkatkan minat belajar serta hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SDN 03 Kacangan Kecamatan Andong ,Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, hasil belajar, Learning Tournament
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2014 13:12
Last Modified: 19 Oct 2021 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28775

Actions (login required)

View Item View Item