Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mojosari Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

NOVILIA, WINDA and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mojosari Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (327kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mojosari yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Validitas data menggunakan tehnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru sebelum tindakan 7 siswa (58,33%) siklus II meningkat menjadi 11 siswa (91,66%), 2) Mendengarkan dengan baik sebelum tindakan 6 siswa (50%) siklus II meningkat menjadi 11 siswa (91,66%), 3) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6 siswa (50%) siklus II meningkat menjadi 10 siswa (83,33%), 4) Keberanian bertanya sebelum tindakan 5 siswa (41,66%) siklus II meningkat menjadi 10 siswa (83,33%) dan 5) Aktif dalam bekerjasama sebelum tindakan 6 siswa (50%) siklus II meningkat menjadi 11 siswa (91,66%). Peningkatan keaktifan diperkuat dengan hasil belajar yaitu sebelum tindakan rata- rata nilai kelas sebesar 60 dan pada siklus II rata nilainya meningkat menjadi 80,41. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Mojosari Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar, TAI, Team Asssisted Individualization
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 12:53
Last Modified: 19 Oct 2021 05:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28435

Actions (login required)

View Item View Item