NOVILIA, WINDA and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TAI) Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mojosari Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (327kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (470kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mojosari yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Validitas data menggunakan tehnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar matematika. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru sebelum tindakan 7 siswa (58,33%) siklus II meningkat menjadi 11 siswa (91,66%), 2) Mendengarkan dengan baik sebelum tindakan 6 siswa (50%) siklus II meningkat menjadi 11 siswa (91,66%), 3) Menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6 siswa (50%) siklus II meningkat menjadi 10 siswa (83,33%), 4) Keberanian bertanya sebelum tindakan 5 siswa (41,66%) siklus II meningkat menjadi 10 siswa (83,33%) dan 5) Aktif dalam bekerjasama sebelum tindakan 6 siswa (50%) siklus II meningkat menjadi 11 siswa (91,66%). Peningkatan keaktifan diperkuat dengan hasil belajar yaitu sebelum tindakan rata- rata nilai kelas sebesar 60 dan pada siklus II rata nilainya meningkat menjadi 80,41. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Mojosari Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, TAI, Team Asssisted Individualization |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 12:53 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28435 |
Actions (login required)
View Item |